Minggu, 09 Januari 2011

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN OSTEOPOROSIS

Osteoporosis adalah penyakit skeletal (kerangka tubuh) yang mempunyai karakteristik yaitu hilangnya masa tulang yang parah, dan ini bisa menyebabkan patah tulang, terutama pada wanita yang telah mengalami menopause. Bagaimanapun, dengan memperkuat tulang anda, memperlambat kehilangan masa tulang, dan menghindari jatuh, anda dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi dan terhindar dari patah tulang.

Diet (pengaturan pola makan)
Pencegahan dan pengobatan osteoporosis dapat dimulai dengan pengaturan pola makan yang tepat. Pastikan bahwa anda mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup setiap hari sebagai permulaan yang bagus. Kalsium membantu tubuh anda untuk membentuk tulang, dan vitamin D membantu tubuh anda untuk bisa mengabsorbsi kalsium. Kalsium dapat anda temukan pada produk-produk pengolah susu (seperti, susu, keju, yogurt dan es krim); pada ikan salmon dan sarden dengan tulang; pada sayuran yang berdaun hijau gelap (seperti, kangkung, bayam dan brokoli); pda pada makanan yang ditambahi kalsium, seperti jus jeruk. pemasukan kalsium yang direkomentasikan oleh Yayasan Osteoporosis Nasional untuk kita konsumsi setiap harinya antara lain:

800 mg untuk anak-anak usia 1-11 tahun
1200 mg untuk usia 11-24 tahun
1000 mg untuk dewasa
1200 mg untuk ibu hamil dan menyusui
1500 mg untuk wanita paska menopause diluar estrogen.

Beberapa makanan suplemen dapat menyediakan kalsium yang dibutuhkan. Jika anda membutuhkan tambahan suplemen, pilihlah dengan hati-hati. Hindarilah suplemen tepung tulang dan dolomit karena mungkin terdapat timah di dalamnya.
Anda membutuhkan paling tidak 400 international unit (IU) vitamin D tiap hari. Anda bisa mendapatkannya dengan menkonsumsi multivitamin; berjemur pada sinar matahari pagi selama 30-60 menit, atau mengkonsumsi makanan yang terdapat vitamin D-nya, seperti susu pembangun (menyediakan 100 IU tiap gelasnya) atau salmon (menyediakan 425 IU tiap 3 ouns). Walaupun vitamin D dengan jumlah yang tepat bisa membantu tubuh anda dalam mengabsorbsi kalsium, juga bisa berbahaya jika anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan.


Latihan/Olah ragaAnda juga dapat membantu mengurangi resiko berkembangnya osteoporosis dengan melakukan latihan yang teratur. Lagi pula, latihan, merupakan bagian dari terapi untuk osteoporosis, menstabilisasi kepadatan tulang dan membantu mengurangi resiko terjadinya patah tulang. Program latihan rutin anda harus juga termasuk latiha penumpuan berat badan dan latihan pembebanan yang memperkuat tulang dan otot. Termasuk latihan penumpuan berat badan adalah diantaranya seperti berjalan, berlari, senam, dan pekerjaan rumah. Latihan pembebanan diantaranya latihan beban, dan push up. Anda harus mengikuti program latihan paling tidak tiga samapi empat kali per minggu. Ingatlah selalu untuk berkonsultasi dengan terapis anda sebelum memulai program latihan apapun. Mereka dapat membantu anda untuk menciptakan program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Pengobatan
Dokter anda mungkin meresepkan beberapa variasi oabt yang dapat membantu memperlambat kehilangan masa tulang sehingga tubuh anda dapat membangun tulang baru sebagai pengganti tulang anda yang hilang. Saat ini departemen kesehatan telah menyetujui estrogen, alendronate, raloxifene, risedronate, dan calsitonin dapat membantu dalam terapi osteoporosis. Terapi hormone pengganti untuk menggantikan estrogen merupakan salah satu pilihan yang paling berharga untuk wanita sebagai pengobatan. Dalam tambahan terapi untuk kehilangan masa tulang, manfaat terapi ini diantaranya teramasuk mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi gejala-gejala menopause. Sayangnya, beberapa wanita tidak dapat atau tidak akan mengkonsumsi estrogen karena adanya efek samping (seperti nyeri buah dada, muka bengkak, dan perdarahan vagina), beberapa factor resiko (seperti kanker endometrial [lapisan uterus], kanker buah dada, atau kanker uterus), atau beberapa masalah lain (seperti hipertensi yang tak terkontrol, gangguan fungsi hati, atau porphyria).
Beberapa wanita mungkin tidak mampu mengkonsumsi estrogen jika mereka mempunyai masalah diabetes, penyakit kandung empedu, sakit kepala migraine, radang pangkreas, tingkat trigliserid yang tinggi, atau endometriosis. Bagaimanapun, wanita ini bisa mengkomsumsi beberapa pengobatan yang lain, seperti alendronate (Fosamax), calsitonin, atau kalsium plus vitamin D. berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mendapatkan yang terbaik buat anda.

Keamanan tempat tinggalTerjatuh. Sering kali menyebabkan patah tulang pada beberapa orang yang menderita osteoporosis. Untuk menghindari jatuh, ciptakanlah tempat tinggal yang aman. Hilangkan atau buanglah karpet dan perkakas rumah yang bisa menyebabkan anda terpeleset atau tersandung. Buatlah lampu malam dan pegangan di kamar mandi anda, dan gunakan kesetan karet di bawah bak mandi anda. Taruhlah barang-barang yang sering anda gunakan pada ketinggian yang mudah anda raih tanpa menggunakan panjatan. Yakinkan bahwa ruangan dalam rumah anda mempunyai cahaya yang bagus.
Melakukan tes kepadatan tulang secara rutin dan merubah gaya hidup
Setelah umur 30 tahun, anda dan dokter anda haruslah mendiskusikan resiko berkembangnya osteoporosis anda. Tes osteoporosis secara rutin yaitu tes kepadatan tulang harus dimulai untuk wanita usia 65 tahun dan untuk laki-laki usia 75 tahun. Laki-laki dan wanita muda harus rutin melakukan tes ini jika mereka mempunyai beberapa factor resiko seperti: alkoholik, pengguna tembakau yang keras, atau mempunyai penyakit yang berhubungan (seperti, hiperparatiroid [hormone paratiroid yang berlebihan], penyakit yang diobati dengan steroid, penyakit glandula, atau penyakit ginjal atau hati yang sudah lanjut).

Tambahan untuk check up, anda dapat membantu mencegah osteoporosis dengan merubah beberapa gaya hidup anda. Berhentilah merokok dan minum minuman keras. Tingkatkanlah aktifitas fisik anda dan tingkatkan diet anda.
Pencegahan osteoporosis secara sungguh-sungguh lebih disukai daripada pengobatan, tetapi dengan pengobatan yang adekwat dapat mengurangi resiko terjadinya patah tulang, meningkatkan masa tulang, meningkatkan mobilitas, dan mengurangi nyeri. Keduanya laki-laki dan wanita harus selalu memperhatikan tentang osteoporosis dan jangan menunggu sampai tanda dan gejalanya muncul kemudian baru bertindak.pendidikan, pemilihan gaya hidup yang bijak, dan tes secara rutin dapat mengurangi kemungkinan bahwa penyakit akan mempengaruhi kualitas hidup anda.

0 komentar:

Poskan Komentar