Minggu, 09 Januari 2011

SHORTWAVE DIATHERMY

Dalam beberapa dekade terakhir atau lebih, banyak profesional medis telah menemukan bahwa ada beberapa cara untuk membantu pasien mereka dalam penyembuhan tanpa menggunakan atau dengan membatasi penggunaan obat penghilang rasa sakit yang digunakan dalam jangka panjang. Hal-hal seperti terapi pijat, stimulator neuromuskuler, dan terapi ultrasound telah merevolusi cara komunitas medis dalam membantu penyembuhan pasien. Jenis teknologi lain yang telah menunjukkan nilai riil dalam bidang klinis adalah diatermi gelombang pendek. Metode ini berfungsi untuk mengendalikan rasa sakit dan meningkatkan aliran darah ke daerah-daerah otot yang rusak dengan tindakan panas yang sampai ke dalam jaringan (deep heat). Dalam hubungannya dengan obat-obatan berbasis non terapi, diatermi gelombang pendek dapat membantu sejumlah besar pasien dengan berbagai tingkat cedera serta berbagai jenis cedera. Melihat lebih dekat pada praktek kita berharap bahwa diatermi gelombang pendek ini bisa dimasukkan sebagai  bagian dari teknologi medis.

INDIKASI
Therapeutic Ultrasound begitu fantastis dalam menjangkau wilayah yang sangat spesifik dari tubuh. Namun, ada saat-saat ketika seorang profesional medis akan perlu menjangkau wilayah yang lebih luas dari tubuh. Di antara keuntungan lainnya, diatermi gelombang pendek dapat digunakan untuk menerapkan panas ke daerah tubuh yang jauh lebih luas. Hal ini terutama bermanfaat untuk mengobati masalah otot punggung. Selain dapat mengatasi nyeri punggung yang klasik pada sebagian besar penduduk, diatermi gelombang pendek juga bermanfaat untuk mengobati hal-hal seperti neuritis, tendonitis, dan dari semua jenis permasalahan otot. Bahkan dengan pengaturan alat yang tepat,diatermi ini juga bisa membantu pasien yang menderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis juga. Dalam aplikasi yang lain, bahwa diatermi ini merupakan yang paling sering digunakan dalam terapi cidera olahraga. Hal-hal seperti radang pada siku, bahu, dan lutut dapat diterapi dengan menggunakan diatermi gelombang pendek ini. Demikian juga dengan nyeri punggung bawah, keseleo sendi, dan bahkan pada gangguan sendi-sendi leher.

KONTRA INDIKASI
Namun demikian, walaupun diatermi gelombang pendek ini berguna pada semua jenis luka dan penyakit umum, ada kasus-kasus tertentu ketika jenis panas ini harus dihindari. Seperti  pada wanita yang sedang hamil, orang cacat mental, pada seseorang yang mempunyai tekanan darah yang naik-turun, orang-orang yang menggunakan "pace maker", dan orang-orang dengan masalah ginjal atau jantung, serta pasien yang sedang demam tinggi.

Singkatnya, mesin diatermi gelombang pendek ini dapat dengan mudah dipindah-pindahkan ke dalam berbagai ruang pemeriksaan atau ruang terapi dan dapat membantu sebagian besar pasien yang berbeda dengan kebutuhan yang unik. Mesin diatermi  ini bisa sebagai alternatif pengobatan bagi seseorang yang tidak menghendaki mengkonsumsi obat-obatan medis (baca: kimia), serta dapat dimanfaatkan pada setiap kantor yang mempunyai fasilitas ruang terapi/pengobatan.

0 komentar:

Poskan Komentar